Selasa, 29 Agustus 2017

Pekerjaan Marketing Itu Seperti Apa

Pekerjaan Marketing Itu Seperti Apa

Pekerjaan Marketing Itu Seperti Apa - Tenaga Marketing (Pemasaran) itu bertugas untuk pasarkan product atau layanan pada customer (ini pengertian paling simpel). Bila dengan rencana pekerjaan pemasaran yakni membuat nilai untuk customer serta membuat hubungan yang kuat dengan customer lewat cara ambil nilai dari customer, dan memberi kenikmatan pada customer. 
Jadi dalam marketing, customer itu dipandang jadi fokus perhatian/tujuan dari marketing. 
Sesungguhnya marketing itu luas sekali, tetapi agar kamu lebih gampang mengerti kita ambillah saja contoh yang simpel. Dalam perusahaan, pekerjaan marketing itu yaitu memperkenalkan pada customer agar customer itu tahu, nah sesudah tahu customer tentu mempunyai peluang untuk beli. Arti yang kurang halus yakni diminta jualan. hahaha 
Marketing itu lebih kompleks. Apa? lo ingin pengertian formalnya? buset dah, hari gini masih tetap cari pengertian saja, namun oke lah jika lo maksa, namun ini macem2 loh, jadi nanti jika lo jadi jadi bingung janganlah salahin gw. Menurut si Philip Kotler (embahnya Marketing), dia katakan Marketing is satisfying needs and wants through an exchange process”. 

Wewenang Marketing

Ada pula yang katakan Marketing yaitu kiat dalam menggerakkan usaha, ada yang katakan Marketing yaitu memberi nilai lebih pada satu benda/layanan hingga jadi satu benda/layanan yang bernilai lebih tinggi. Atau ada pula yang katakan Marketing yaitu usaha membuat serta melayani pasar tujuan tambah baik dari kompetitor. 

Well, semua tidak ada yang salah, namun lo juga tidak bener (abisnya lo daritadi diem saja), semuanya yang dimaksud di atas bener semuanya, bingung kan lo? maka dari itu janganlah nanya pengertian, gw katakan juga apa barusan, hari gini masih tetap nanya pengertian. Daripada pusing masalah pengertian, mendingan kita pahamin rencananya saja. 

Barusan di atas kan kita telah ulas jika Sales itu lebih pada lo jual barang, sedang marketing lebih kompleks, lo miliki barang, lo modifikasi demikian rupa (umpamanya lo ganti kemasannya, or lo tambahin rasa-rasanya) trus lo kasih merk, lo promosiin, lo tempatin di warung2 sekitaran tempat tinggal lo, nah itu namanya telah Marketing. 

Ada lain tentu ada pula samanya, nah demikian halnya pada marketing serta sales ini, kesamaan nya ialah pada maksud pada akhirnya, kedua-duanya mempunyai maksud untuk mencari untung sebesar-besarnya dengan jual barang sebanyak mungkin. Karna persamaan maksud berikut maka dari itu sering ke-2 hal semacam ini dalam satu perusahaan dikombinasi dalam satu department, namanya departemen Sales & Marketing. gitu bo! 

“hmm.. sepertinya masih tetap agak rumit deh, dapat lo jelasin sekali lagi tidak dengan contoh simpel apa bedanya marketing serta selling itu? ” 

Oke, nyatanya otak lo agak2 kurang yah hehe… oke sederhananya lebih kurang begini : 

Lo tau air PAM kan? itu loh air ledeng, buset dah gitu saja tidak tau! 

Lo ambillah air PAM dalam plastik, trus lo jualin ke sekitaran lo, nah itu namanya selling/jualan, atau dapat juga lo sambungin selang dari tempat lo trus lo jual ke tetangga-tetangga, nah itu juga namanya selling. 

Bila Marketing itu bermakna lo memberi nilai lebih pada barang yang lo jual, umpamanya, lo ambillah air PAM trus lo masak sampai mendidih, dinginin trus masukin kedalam botol bersih, di botolnya lo tempelin merk “AIRA, Air Bersih serta Sehat” nah trus lo tarok itu botol2 diisi air PAM barusan di warung2. Agar lebih meyakin kan sekali lagi lo buat spanduk dengan tulisan “Telah Ada AIRA, Air sehat yang sudah dipanaskan hingga 100 derajat, peroleh di warung2 paling dekat”. Nah sistem mulai dari lo masak air barusan sampai paling akhir titipin di warung serta buat spanduk, itu namanya Marketing.
Sempat lihat kan seorang membawa sepeda motor cuma bawa buku sama alat catat selalu senantiasa mendatangi beberapa toko yang dilewatinya. Yang ini pekerjaan marketing cuma memperkenalkan pada customer awal mereka (yakni toko) apa yang memiliki toko ingin jual barang yang mereka menawarkan? Apabila ingin, saksikan saja sekian hari lalu tentu ada satu minibus/truk box yang kirim barang ke yang memiliki toko. Dalam contoh ini, orang yang bawa buku serta yang bawa truk, mereka yaitu tim marketing yang bekerja bersama otomatis/terpisah, yang mana satu orang tugasnya ngomong serta satu orang sekali lagi tugasnya kirim barang. 
Ada pula yang membawa kantong besar di kiri serta kanan selalu berhenti di beberapa toko. Mereka berhenti untuk tawarkan barang mereka, bila yang memiliki toko ingin, ya segera saja di ambil dari motor, kan barangnya kecil kecil. Bila yang ini bertugas individu. 
Sesungguhnya tiap-tiap pekerjaan marketing itu bergantung sama perusahaan kok, tinggal tentukan mana yang lebih murah/efektif. 
Bila Syaiful menginginkan ketahui lebih jauh masalah marketing dengan teori dapat baca buku dari “Philip Kotler”. Bila menginginkan tahu dengan aplikasi dapat baca buku dari “Hermawan Kertajaya”. 
Bukunya bagus semuanya kok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar